Oleh: ๐น๐๐๐๐๐ ๐ฉ๐๐๐
๐ท๐๐๐๐๐๐๐ ๐ฐ๐๐๐๐ ๐ฒ๐๐๐ ๐๐
๐ท๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐: ๐ฐ๐ต๐บ๐ท๐ฐ๐น๐จ๐บ๐ฐ ๐ฏ๐ฐ๐ซ๐๐ท, ๐ท๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐ฒ๐๐๐๐ ๐บ๐๐๐๐ ๐ด๐๐๐๐ (๐ท๐๐๐๐๐๐๐ ๐ฒ๐๐๐๐๐๐๐, ๐ฑ๐๐๐๐๐๐๐๐๐, 2021)
Dalam beberapa tahun terakhir, tanpa saya sadari, cukup banyak pembaca yang mengkategorikan saya sebagai penulis โeulogiโ khusus bagi yang wafat. Julukan ini bisa disebut berlebihan. Yang saya lakukan hanyalah mengangkat hal yang terlupakan atau kalau tidak ditulis maka ada potensi untuk dilupakan.
Tetapi ๐ฌ๐๐ฒ๐ ๐ค๐๐ฌ๐ฎ๐ฅ๐ข๐ญ๐๐ง ๐ฆ๐๐ง๐ฎ๐ฅ๐ข๐ฌ ๐ญ๐๐ง๐ญ๐๐ง๐ ๐๐ ๐ง๐๐ฌ ๐๐ฅ๐๐๐๐ง. ๐๐๐ง๐ฒ๐๐ค ๐จ๐ซ๐๐ง๐ ๐ญ๐๐ฅ๐๐ก ๐ฆ๐๐ง๐ฎ๐ฅ๐ข๐ฌ ๐๐๐ง ๐ญ๐ฎ๐ฅ๐ข๐ฌ๐๐ง๐ง๐ฒ๐ ๐ข๐ญ๐ฎ โ๐ฌ๐ฉ๐๐ค๐ญ๐๐ค๐ฎ๐ฅ๐๐ซโ. ๐๐๐ฒ๐ ๐ก๐๐ซ๐ฎ๐ฌ ๐๐ค๐ฎ๐ข. ๐๐๐ซ๐๐ง๐ ๐ข๐ญ๐ฎ ๐ฌ๐๐ฒ๐ ๐๐๐ซ๐ฉ๐ข๐ค๐ข๐ซ, ๐ค๐๐ฅ๐๐ฎ ๐ก๐๐ซ๐ฎ๐ฌ ๐ฆ๐๐ง๐ฎ๐ฅ๐ข๐ฌ, ๐ญ๐ข๐๐๐ค ๐๐ค๐๐ง ๐ฆ๐๐ง๐๐ซ๐ข๐ค ๐ฉ๐๐ซ๐ก๐๐ญ๐ข๐๐ง ๐ฉ๐๐ฆ๐๐๐๐ ๐ฒ๐๐ง๐ ๐ฌ๐ฎ๐๐๐ก ๐ญ๐๐ซ๐ฅ๐๐ง๐ฃ๐ฎ๐ซ ๐ฆ๐๐ง๐๐๐ฉ๐๐ญ๐ค๐๐ง ๐๐๐๐๐๐ง ๐ฒ๐๐ง๐ ๐ฅ๐๐๐ข๐ก ๐ก๐ข๐๐ฎ๐ฉ ๐๐๐ง ๐๐๐ซ๐ค๐ฎ๐๐ฅ๐ข๐ญ๐๐ฌ.

Tetapi karena sudah terlanjur dapat julukan itu maka ada saja yang masih menagih. Jadilah tulisan ini, disampaikan setelah 4 hari wafatnya sastrawan, filsuf, dan sosiolog itu.
๐บ๐๐๐๐๐, ๐ช๐๐๐๐
Kalau berbicara dengan orang hebat tidak perlu berulang-ulang. Sekali saja cukup. Itulah ingatan yang masih kuat terpateri. Saya hanya bertemu secara personal dengan Ignas sekali saja. Itu terjadi tahun 2005 saat menjadi orang asing di Jakarta. Kata orang, ibu kota lebih kejam dari ibu tiri. ๐ฒ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐: ๐ซ๐๐๐๐๐ ๐ซ๐๐๐๐๐ ๐๐ ๐ ๐๐ ๐ฐ๐๐๐๐ ๐ฒ๐๐๐ ๐๐. ๐ฒ๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐, ๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐.
Saat bertemu Ignas, selain saya memperkenalkan diri sebagai seorang murid P. Leo Kleden SVD, juga saya membawa beberapa artikel yang sudah saya tulis di Kompas (saat itu baru 10 artikel).
Strategi pertama, berjalan lancar. Ignas sangat bangga dengan sang adiknya yang berkeliling hampir ke semua negara di dunia dalam jabatannya sebagai anggota Dewan Jenderal SVD di Roma.
๐บ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐ โ๐๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐โ. ๐บ๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐.
Ignas memandang saya dan mengatakan hal yang tidak saya duga. Sebagai sosiolog ia dengan jelas menyampaikan bahwa semasa masih di biara dengan dosis pembelajaran teologi, seseorang sangat hebat dalam teologi-spekulatif. Teologi baginya merupakan ilmu spekulatif tempat di mana rasio menjadi begitu berperan.
๐ท๐๐ ๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐, ๐๐๐๐๐๐๐๐๐, ๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐. ๐ซ๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐. ๐ฒ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐. ๐ฒ๐๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐ ๐, ๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐, ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐ ๐ ๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐, ๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐.
Saya terdiam dan merasa bahwa apa yang disampaikan oleh sosiolog yang saya kagumi itu benar. Minimal membenarkan pengalaman di Amerika Latin di mana iman begitu menyata dan membumi. ๐ซ๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐, ๐๐๐๐๐๐๐๐, ๐ ๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐. ๐จ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐ โ๐๐๐๐๐๐๐โ ๐ ๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐ ๐ฐ๐๐ ๐๐๐๐๐๐, ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐. ๐ฐ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐ป๐๐๐๐๐๐ ๐ท๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐ ๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ โ๐ ๐๐๐ ๐-๐๐ ๐๐๐๐โ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐.
Saya lalu menyadari bahwa mungkin dengan profesi yang baru, saya harus belajar bagaimana bisa menjadikan teologi membumi dan bisa belajar dari sosiologi yang akrab dengan empiris untuk dijadikan bahan refleksi teologi. Sebuah pemikiran cemerlang tetapi saya masih merasa bagaimana bisa โmengawinkanโ keduanya dalam profesi saya yang aneh ini.

Dengan nasihat ini, ๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ โ๐๐๐๐๐๐๐โ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐. ๐ซ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐, ๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐. ๐บ๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐. ๐ฐ๐๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐. ๐ป๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐, ๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐ ๐ ๐๐๐ ๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐. ๐ด๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ โ๐๐๐๐๐๐โ๐ ๐ ๐ด๐๐๐๐๐๐๐ ๐ฏ๐ฐ๐ซ๐ผ๐ท ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐ ๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐.
Saya pun kemudian tanpa malu-malu menawarkan untuk menerbitkan buku HOMILI YANG MEMBUMI. Saya bermaksud meminta Kardinal Ignasius Suharyo memberikan kata pengantar. Itupun permintaan yang tidak tahu malu. Beruntung, Yang Mulia lalu menugaskan Rm Danto (Ketua Komisi Liturgi KAJ) untuk memberikan kata pengantar. Melaluinya saya hanya mau โngocehโ bahwa homili yang โtinggi-tinggiโ dan spekulatif itu perlu lebih membumi.
Ada keberuntungan lain dari buku dan tulisan-tulisan ini. Saya pun diminta memberikan kursus homiletifk di beberapa paroki. Kepada umat yang kelihatan tidak mau tahu banyak tentang latar belakang saya, saya hanya berpesan: ikuti apa yang saya sampaikan tetapi jangan ikuti apa yang saya buat.
Setelah tulisan itu, saya pun semakin โtidak tahu diri lagiโ. Beberapa buku renungan begitu mudah diterbitkan. Karena buku dan tulisan-tulisan itu, banyak orang yang berikan apresiasi dan tetap memanggil โpaterโ. Saya pun tidak pernah sampaikan bahwa jangan panggil. Saya biarkan saja sampai mereka tahu sendiri atau pun karena sudah tahu tetapi mereka tetap nekad.
๐บ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐๐. ๐บ๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐. ๐ด๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐-๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐.
Inilah nasihat yang sangat kuat sambil saya terdiam. Saya terdiam untuk mengukur, apakah lebih dari 100 tulisannya di Kompas dari Pak Ignas (saat wafat sudah mendekati 200 artikel opini Kompas), bisa saya capai. Rasanya sulit, tetapi minimal pikirannya yang cemerlang dapat menghidupkan obor semangat saya. (Saat ini saya baru capai 65 artikel di Kompas, masih jauh tentunya).
Dengan menulis, kata Ignas, kita tidak hanya dikenal tetapi lebih terutama, pikiran kita dapat masuk dan mengubah banyak orang dalam berpikir dan bertindak. ๐ฐ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐. ๐ฒ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐ท๐ซ๐ฐ๐ท ๐ ๐๐๐๐ ๐ฒ๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐ ๐บ๐๐๐๐ ๐ฉ๐๐๐ 2010, ๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐ ๐๐๐ ๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐ฐ๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐. ๐ซ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐, ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐ ๐ท๐ซ๐ฐ๐ท ๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐ ๐ ๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐: ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐, ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐ ๐ ๐จ๐๐๐๐๐๐ ๐ณ๐๐๐๐.
Itulah topik yang diberikan kepada saya dan ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ โ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐โ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐. ๐บ๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐ท๐ซ๐ฐ๐ท ๐๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐ ๐ ๐ ๐บ๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐. ๐ฉ๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐ ๐ฎ๐๐๐๐๐๐๐ ๐ซ๐ฒ๐ฐ, ๐๐๐๐ ๐๐๐๐ โ๐๐๐๐โ. ๐บ๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐ โ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐ฑ๐๐๐๐๐โ (๐ด๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐ฑ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐ท๐ซ๐ฐ๐ท ๐ ๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐ด๐ฒ โ๐๐๐ ๐๐๐๐โ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐ฎ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐, ๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐, ๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐).
Kembali ke topik. Inspirasi pembicaraan personal dengan Ignas, itulah pengalaman pertama dan terakhir kali. Ada kesempatan lain masih bertemu dengan Ignas, tetapi saat itu ia jadi narasumber dalam diskusi Lingkar Muda untuk para penulis Kompas. Bagi saya, berbicara dengan orang pintar seperti Ignas, cukup sekali. Pesannya sudah sangat masuk hingga ke sum-sum dan berkesan hingga kini.
๐ด๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐ฒ๐๐๐
Di Rumah Duka Carolus, lt. 8 โMikaelโ, memori dengan Ignas seakan dihidupkan lagi. Ada kekuatan baru ketika saya terdiam di samping mayatnya. ๐บ๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐. ๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐. Saya rasa ini sikap yang tepat untuk membiarkan roh Ignas merasuki saya dan bukan sebaliknya saya memaksakan kata-kata saya pada seorang sosiolog yang sangat disegani di republik ini.
Setelah merasa cukup, saya pun pamit pulang. ๐บ๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐, ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐ ๐ ๐น๐ 20.000 ๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐. ๐ช๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐. ๐บ๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐, ๐๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐. ๐ฒ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐ ๐บ๐๐๐๐๐๐ ๐ป๐๐๐๐ ๐จ๐๐๐๐, ๐๐๐๐๐ ๐น๐ 36.000.
Meski bingung, saya coba gunakan pikiran saya yang sudah dijernihkan Ignas. Saya ambil keputusan melangkah saat lampu merah ke seberang, pinggir Fakultas Kedokteran UI. Setelah sampai di seberang, saya jadi sadar, kalau cara terbaik adalah jalan kaki. Inilah cara terbaik agar uang Rp 20.000 itu tetap utuh. Dan langkah pun saya ayunkan.
๐ซ๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐. ๐ฉ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐-๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐-๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐. ๐ฑ๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐, ๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐ฐ๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐ ๐๐๐ ๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐. ๐ฐ๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐ โ๐ฎ๐ ๐ฌ๐๐๐โ ๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐ ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐ โ๐ฎ๐ ๐พ๐๐๐โ๐๐๐๐ ๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐ ๐ ๐จ๐๐๐๐๐๐ ๐บ๐๐๐๐๐๐. ๐ฐ๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐.
Jalan kaki juga adalah ekspresi terdalam bagi Ignas sebagai seorang beriman. Ia merasa dan sangat yakin bahwa teologi yang kerap sangat spekulatif, harus membumi. Itulah tugas yang Ignas tinggalkan dan saya merasa perlu meneruskan sekuat yang saya bisa. Karena itu saat sudah di atas kereta, saya pun pikir: apakah ini makna dari kaki Ignas yang saya sentuh?
Saya pun sadar bahwa kdi balik keputusan TERPAKSA JALAN, saya justru mendapatkan pesan mendalam yang saya sharingkan ini. ***
Tulisan yang bagus Abang. RIP Pak Ignas Kleden, dari Waibalun untuk Indonesia Bijak.
Mantap sekali ulasannya.